Download Silabus Bahasa Jawa Kelas 1 - 6 KTSP
Silabus adalah rencana pembelajaran pada suatu dan/atau kelompok mata pelajaran/tema tertentu yang mencakup standar kompetensi, kompetensi dasar, materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian, alokasi waktu, dan sumber/bahan/alat belajar. Silabus merupakan penjabaran standar kompetensi dan kompetensi dasar ke dalam materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi untuk penilaian (BSNP, 2006: 14). Silabus dikembangkan oleh seorang pendidik yang akan melakukan pembelajaran silabus diturunkan dari prota yang kemudian ke promes.
Berikut ini langkah-langkah dalam pengembangan silabus:
- Mengkaji Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Dalam mengkaji standar kompetensi dan kompetensi dasar mata pelajaran, sebagaimana tercantum pada SI, kita perlu memperhatikan: a) Urutan berdasarkan hierarki konsep disiplin ilmu dan/atau tingkat kesulitan materi tidak harus selalu sesuai dengan urutan yang ada di SI. b) Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar dalam mata pelajaran. b) Keterkaitan antara standar kompetensi dan kompetensi dasar antar mata pelajaran.
- Mengidentifikasi Materi Pokok/Pembelajaran, Dalam mengidentifikasi materi pokok/pembelajaran yang menunjang pencapaian kompetensi dasar, kita perlu mempertimbangkan: a) Potensi peserta didik, b) Relevansi dengan karakteristik daerah, c) Tingkat perkembangan fisik, intelektual, emosional,sosial, dan spiritual peserta didik, d) Kebermanfaatan bagi peserta didik, e) Struktur keilmuan, f) Aktualitas, kedalaman, dan keluasan materi pembelajaran, g) Relevansi dengan kebutuhan peserta didik dan tuntutan lingkungan, h) Alokasi waktu.
- Mengembangkan Kegiatan Pembelajaran, Kegiatan pembelajarandirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang melibatkan proses mental dan fisik melalui interaksi antar peserta didik, peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dalam rangka pencapaian kompetensi dasar. Pengalaman belajar yang dimaksud dapat terwujud melalui penggunaan pendekatan pembelajaran yang bervariasi dan berpusat pada peserta didik. Pengalaman belajar memuat kecakapan hidup yang perlu dikuasai peserta didik.
- Merumuskan Indikator Pencapaian Kompetensi, Indikator merupakan penanda pencapaian kompetensi dasar yang ditandai oleh perubahan perilaku yang dapat diukur yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Indikator dikembangkansesuai dengan karakteristik peserta didik, mata pelajaran, satuan pendidikan, serta potensi daerah dan dirumuskan dalam kata kerja operasional yang terukur dan/atau dapat diobservasi. Indikator digunakan sebagai dasaruntuk menyusun alat penilaian.
- Penentuan Jenis Penilaian, Penilaian pencapaian kompetensi dasar peserta didik dilakukan berdasarkan indikator. Penilaian dilakukan dengan menggunakan tes dan non tes dalam bentuk tertulis maupun lisan, pengamatan, kinerja, pengukuran sikap, penilaian hasil karya berupa tugas, proyek dan/atau produk, penggunaan portofolio, dan penilaian diri. Penilaian merupakan serangkaian kegiatanuntuk memperoleh, menganalisis, dan menafsirkan data tentang proses dan hasil belajar peserta didik yang dilakukan secara sistematis dan berkesinambungan sehingga menjadi informasi yang bermakna dalam pengambilan keputusan.
- Menentukan Alokasi Waktu, Penentuan alokasi waktu pada setiap kompetensi dasar didasarkan pada jumlah minggu efektif dan alokasi waktu mata pelajaran perminggu dengan mempertimbangkan jumlah kompetensidasar, keluasan, kedalaman, tingkat kesulitan, dan tingkatkepentingan kompetensi dasar. Alokasi waktu yang dicantumkan dalam silabus merupakan perkiraan waktu rerata untuk menguasai kompetensi dasar yang dibutuhkan oleh peserta didik yang beragam.
- Menentukan Sumber Belajar, Sumber belajar adalahrujukan objek dan/atau bahan yang digunakan untuk kegiatan pembelajaran, yang berupa media cetak dan elektronik, nara sumber, serta lingkungan fisik, alam, sosial, dan budaya. Penentuan sumber belajardidasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar serta materi pokok/pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi (BSNP, 2006: 15).
Silabus Bahasa Jawa Kelas 1.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 2.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 3.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 4.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 5.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 6.rar
Semoga dapat bermanfaat,,,,,,,
Silabus Bahasa Jawa Kelas 2.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 3.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 4.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 5.rar
Silabus Bahasa Jawa Kelas 6.rar
Semoga dapat bermanfaat,,,,,,,
0 Response to "Download Silabus Bahasa Jawa Kelas 1 - 6 KTSP"
Posting Komentar