RPP Al-Qur’an Hadist SD Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara perinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus (Permendikbud RI No 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan dari silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran peserta didik dalam upaya mencapai kompetensi dasar (KD). Setiap guru di SD/MI berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, aktif serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau sub tema yang dilaksankan dalam satu kali pertemuan atau lebih. 
RPP Al-Qur’an Hadist SD Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013

Secara umum, kalau dilihat dari konteks pengertian perencanaan pembelajaran (yang telah dikemukakan diawal), sangat jelas terlihat bahwa karakteristik perencanaan pembelajaran meliputi tiga hal, yaitu pertama, perencanaan pembelajaran merupakan hasil dari proses berpikir, artinya suatu perencanaan pembalajaran disusun tidak asal-asalan akan tetapi disusun dengan mempertimbangkan segala aspek yang mungkin dapat berpengaruh, disamping disusun dengan mempertimbangkan segala sumber daya yang tersedia yang dapat mendukung terhadap keberhasilan proses pembelajaran. Kedua, perencanaan pembelajaran disusun untuk mengubah perilaku siswa sesuai dengan tujuan yang ingin dicapai. Ini berarti fokus utama dalam perencanaan pembelajaran adalah ketercapaian tujuan. Dan, ketiga, perencanaan pembelajaran berisi tentang rangkaian kegiatan yang harus dilaksanakan untuk mencapai tujuan. Oleh karena itulah, perencanaan pembelajaran dapat berfungsi sebagai pedoman dalam mendesain pembelajaran sesuai dengan kebutuhan (Permendikbud No. 65 tentang Standar Proses).

Pada hakikatnya, RPP tematik terpadu sesungguhnya secara umum memiliki karakteristik yang sama dengan karakteristik perencanaan pembelajaran di atas. Karakteristik RPP juga merupakan bagian dari perencanaan pembelajaran. Namun RPP Tematik Terpadu di SD/MI agak berbeda dengan RPP pada kurikulum sebelumnya, baik dengan KTSP maupun KBK, karena karakteristik kurikulumnya berbeda.


Semoga dapat bermanfaat.

Kami juga menyajikan RPP Al-Qur'an Hadist Kelas 5 Kurikulum 2013

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Al-Qur’an Hadist SD Kelas 6 Semester 1 Kurikulum 2013"

Posting Komentar