Instrumen Supervisi Kepala Sekolah KTSP


Kepemimpinan kepala sekolah  merupakan kunci keberhasilan lembaga pendidikan. Kepala sekolah  berasal dari dua kata “kepala dan sekolah”.  Kata kepala diartikan  sebagai  ketua  atau pemimpin dalam suatu organisasi atau lembaga. Sedangkan  sekolah  adalah sebuah lembaga dimana menjadi tempat menerima dan memberi pelajaran. Dengan demikian dapat diartikan secara sederhana  kepala sekolahmerupakan tenaga fungsional guru yang diberi  tugas untuk memimpin suatu  sekolah  dimana terjadi interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan peserta didik yang menerima pelajaran.

M Daryanto menjelaskan bahwa:
Kepala sekolah merupakan personel sekolah  yang bertanggung jawab terhadap seluruh kegiatan-kegiatan sekolah, mempunyai wewenang dan tanggung jawab untuk menyelenggarakan seluruh kegiatan pendidikan dalam lingkungan sekolah  yang dipimpinnya dengan dasar pancasila yang bertujuan untuk:
a.  Meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
b. Meningkatkan kecerdasan dan ketrampilan. 
c.  Mempertinggi budi pekerti.
d. Memperkuat kepribadian.

Mulyasa menjelaskan bahwa kepala madrasah adalah motor penggerak  dan penentu kebijakan madrasah,  yang akan menentukan bagaimana  tujuan-tujuan dalam pendidikan pada umumnya dapat 
direalisasikan.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa kepala sekolah merupakan pimpinan tertinggi dalam lembaga pendidikan yang bertanggung jawab terhadap segala sesuatu yang berhubungan dengan kelancaran jalannya sekolah  demi terwujudnya tujuan sekolah  tersebut. Seorang kepala sekolah  hendaknya dapat meyakinkan kepada masyarakat bahwa segala sesuatunya telah berjalan dengan baik, termasuk perencanaan dan implementasi kurikulum, penyediaan dan pemanfaatan sumber daya guru, rekruitmen sumber daya peserta didik, kerjasama sekolah dengan orang tua, serta lulusan yang berkualitas.
Salah satu peran kepala sekolah adalah kepala sekolah sebagai supervisor dituntut untuk mampu meneliti, mencari, dan menentukan syarat-syarat mana saja yang diperlukan untuk kemajuan lembaga. Supervisi adalah salah satu tugas pokok dalam administrasi pendidikan bukan hanya merupakan tugas pekerjaan para inspektur ataupun pengawas   melainkan tugas kepala sekolahterhadap pegawai-pegawai di sekolah. Istilah supervisi muncul kurang lebih tiga dasawarsa terakhir. Orang yang berfungsi memberi bantuan kepada guru-guru dalam menstimulir guru-guru ke arah usaha mempertahankan suasana belajar dan mengajar, yang lebih baik kita sebut “ Supervisor”  , pekerjaan itu sendiri disebut supervisi.

Istilah supervisi berasal dari bahasa Inggris terdiri dari dua akar kata yaitu  super  yang artinya di atas dan  vision  yang artinya melihat, maka supervisi secara etimologi diartikan sebagai melihat dari atas atau menilik dan menilai dari atas yang dilakukan oleh pihak atasan terhadap perwujudan kegiatan dan hasil kerja bawahan atau pengertian supervisi diartikan sebagai kegiatan yang dilakukan oleh pengawas dan kepala sekolah  yang merupakan pejabat tertinggi di lembaga. 

Dalam melakukan supervisi kepala sekolah perlu memiliki instrumen yang digunakannya, maka dari itu kami menyajikan instrumen supervisi kepala sekolah KTSP

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Instrumen Supervisi Kepala Sekolah KTSP"

Posting Komentar