Download RPP PKn SMP Kelas VII KTSP
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam Standar Isi dan dijabarkan dalam silabus. Lingkup Rencana Pelaksanaan Pembelajaran paling luas mencakup 1 (satu) kompetensi dasar yangterdiri atas 1 (satu) indikator atau beberapa indikator untuk 1 (satu) kali pertemuan atau lebih. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran sekurang-kurangnya memuat tujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar.
Landasan Pengembangan RPP
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 20: “Perencanaan proses pembelajaran meliputi silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaranyang memuat sekurang-kurangnyatujuan pembelajaran, materi ajar, metode pengajaran, sumber belajar, dan penilaian hasil belajar”.
Download RPP PKn SMP Kelas VII KTSP |
Langkah-Langkah Menyusun RPP (Standar Proses 2007)
- Identitas Mata Pelajaran, yang meliputi; Satuan Pendidikan; Kelas/Semester; Mata Pelajaran/Tema Pelajaran; Jumlah Pertemuan.
- Standar Kompetensi, Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas dan/atau semester pada suatu mata pelajaran.
- Kompetensi Dasar, Kompetensi dasar adalah sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagairujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu mata pelajaran.
- Indikator Pencapaian Kompetensi, Indikator kompetensi adalah perilaku yang dapat diukur dan/atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran. Indikator pencapaian kompetensi dirumuskan dengan menggunakan kata kerja operasional yang dapat diamati dan diukur, yang mencakup pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Contoh kata kerja operasional antara lain mengidentifikasi, menghitung, membedakan, menyimpulkan, menceritakan kembali, mempraktekkan, mendemonstrasikan, dan mendeskripsikan
- Tujuan Pembelajaran, Tujuan pembelajaran menggambarkan proses dan hasil belajar yang diharapkan dicapai oleh peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar.
- Materi Ajar, Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
- Materi Prasyarat, Materi Prasyarat ini merupakan materi atau kompetensi yang harus sudah dimiliki atau dikuasai siswa yang berkaitan dengan materi atau kompetensi yang akan dipelajari.
- Alokasi Waktu, Alokasi waktu ditentukan sesuai dengan keperluan untuk pencapaian KD dan beban belajar.
- Metode pembelajaran, Metode pembelajaran digunakan oleh guru untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik mencapai kompetensi dasar atau seperangkat indikator yang telah ditetapkan.
- Merumuskan kegiatan pembelajaran yang meliputi: Pendahuluan, Inti, Penutup
- Penilaian Hasil Belajar, Prosedur dan instrumen penilaian proses dan hasil belajar disesuaikan dengan indikator pencapaian kompetensi dan mengacu kepada standar penilaian.
- Media/Alat/Bahan/Sumber Belajar, Penentuan sumber belajar didasarkan pada standar kompetensi dan kompetensi dasar, serta materi ajar, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi. Pada bagian ini dituliskan semua media/alat/bahan/sumber belajar yang digunakan selama proses pembelajaran berlangsung.
RPP PKn Kelas 7 Semester 1 Bab 5 (Pert.1).docx
RPP PKn Kelas 7 Semester 1 Bab 5 (Pert.2).docx
RPP PKn Kelas 7 Semester 1 Bab 5 (Pert.3).docx
RPP PKn Kelas 7 Semester 1 Bab 5 (Pert.4).docx
RPP PKn Kelas 7 Semester 1 Bab 5 (Pert.5).docx
RPP PKn Kelas 7 Semester 1 Bab 6 (Pert.1).docx
RPP PKn Kelas 7 Semester 1 Bab 6 (Pert.2).docx
RPP PKn Kelas 7 Semester 1 Bab 6 (Pert.3).docx
RPP PKn Kelas 7 Semester 1 Bab 6 (Pert.4).docx
Semoga dapat bermanfaat
0 Response to "Download RPP PKn SMP Kelas VII KTSP"
Posting Komentar