Download RPP Matematika 4.11 Kurikulum 2013

Download RPP Matematika 4.11 Kurikulum 2013


Keberhasilan pelaksanaan pembelajaran tematik dipengaruhi oleh seberapa jauh pembelajaran tersebut direncanakan sesuai dengan kondisi dan potensi siswa (minat, bakat, kebutuhan dan kemampaun). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar yang harus dikuasai siswa sudah tertulis didalam Kurikulum 2013 pada setiap mata pelajaran yang terpisah satu dengan yang lain. 





Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) adalah rencana pembelajaran yang dikembangkan secara perinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus (Permendikbud RI No 81a Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum). Sementara itu menurut Panduan Teknis Penyusunan RPP di SD (Kemdikbud, 2013:9) RPP adalah rencana kegiatan pembelajaran tatap muka untuk satu pertemuan atau lebih. RPP dikembangkan secara rinci dari suatu materi pokok atau tema tertentu yang mengacu pada silabus untuk mengarahkan kegiatan pembelajaran siswa dalam upaya mencapai Kompetensi Dasar.


Setiap pendidik pada satuan pendidikan berkewajiban menyusun RPP secara lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, efisien, memotivasi siswa untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreatifitas dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis siswa. RPP disusun berdasarkan KD atau subtema yang dilaksanakan dalam satu kali pertemuan atau lebih. 


Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu perlu rencana pembelajaran. Penyusunan rencana pembelajaran ini merupakan realisasi dari pengalaman belajar siswa yang telah ditetapkan dalam silabus pembelajaran. Komponen rencana pembelajaran tematik meliputi: 
  1. Tema atau judul yang akan dipelajari dalam pembelajaran.
  2. Identitas mata pelajaran (nama mata pelajaran yang akan dipadukan, kelas, semester dan waktu/banyaknya jam pertemuan yang dialokasikan).
  3. Kompetensi Dasar dan Indikator yang hendak dicapai.
  4. Materi pokok beserta uraiannya yang perlu dipelajari siswa dalam rangka mencapai Kompetensi Dasar dan Indikator.
  5. Strategi pembelajaran (kegiatan pembelajaran secara konkret yang harus dilakukan siswa dalam berinteraksi dengan materi dalam rangka mencapai kompetendi dasar dan indikator).
  6. Alat dan media yang digunakan untuk memperlancar pencapaian kompetensi dasar, serta sumber bahan yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran tematik sesuai dengan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
  7. Penilaian dan tindak lanjut (prosedur dan instrumen yang akan digunakan untuk menilai pencapaian belajar siswa serta tindak lanjut hasil penilaian. 
Dibawah ini kami menyajikan RPP Matematika 4.11 Kurikulum 2013


Semoga dapat bermanfaat.....

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Download RPP Matematika 4.11 Kurikulum 2013"

Posting Komentar