RPP Bahasa Inggris Kelas VI Semester 1 dan 2


RPP Bahasa Inggris Kelas VI Semester 1 dan 2

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran adalah rencana kegiatan pembelajaran yang dilakukan dalam satu pertemuan atau lebih yang dibuat oleh guru sebelum kegiatan pembelajaran. Dalam RPP kurikulum 2013 terdapat beberapa poin yang harus ada yaitu:
  1. Identitas RPP, yaitu: nama instansi, kelas, tema, sub tema, pembelajaran ke-, alokasi waktu Penilaian meliputi, teknik penilaian, intrumen penilaian, kegiatan remedial. 
  2. Kompetensi Inti, kompetensi inti dapat dilihat dari permendikbud atau dapat dilihat dari buku guru.
  3. Kompetensi dasar, kompetensi dasar dapat dilihat dalam buku guru, untuk mengatahui kebenarannya maka dapat dilihat di dalam permendikbud.
  4. Indikator, karena dalam buku guru belum terdapat indikator maka guru harus membuat indikator yang bisa mengacu pada tujuan pembalajaran yang sudah terdapat dalam buku guru. Dan perlu diingat dalam pembuatan indikator harus menggunakan Kata Kerja Operasional (KKO), kenapa harus menggunakan KKO? Karena KKO merupakan kata kerja yang dapat diukur dalam kegiatan penilaian.
  5. Materi ajar, materi ajar berupa materi yang akan diajarkan dalam kegiatan pembelajaran.
  6. Pendekatan, strategi dan metode, dalam pemilihan pendekatan, strategi dan metode harus disesuaikan dengan kegiatan pembelajaran yang dilakukan, sebisa mungkin harus membuat siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran.
  7. Kegiatan pembelajaran, dalam kegiatan pembelajaran mencakup 3 kegiatan yaitu; kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, kegiatan penutup. Dalam kegiatan inti harus mencakup kegiatan 5 M Mengamati, menanya, mengumpulkan informasi/ mencoba, menalar/ mengasosiasi, mengkomunikasikan (tidak harus berurutan dan tidak harus muncul seluruhnya pada 1 pembelajaran bisa dimunculkan pada pembelajaran selanjutnya. Pada kegiatan inti, dilakukan pengintegrasian kegiatan literasi dan pendidikan karakter. Guru perlu menanamkan karakter dalam kegiatan tsb.
  8. Sumber dan media pembelajaran, dalam pemilihan media pembelajaran harus disusaikan dengan karakteristik siswanya, jenjang kelasnya dan harus aman bila digunakan, terjangkau dan dapat digunakan kembali sehingga guru tidak membuat media pada pembelajaran yang sama.
  9. Penialian, Penilaian meliputi, teknik penilaian, intrumen penilaian, kegiatan remedial serta rubrik penilaiannya harus dicantumkan.
  10. Lampiran, lampiran dalam RPP meliputi materi, LKPD.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "RPP Bahasa Inggris Kelas VI Semester 1 dan 2"

Posting Komentar